KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Nur Ayun Fia Universitas Halu Oleo
  • Fahruddin Hanafi Universitas Halu Oleo
  • La Ode Syukur Universitas Halu Oleo

Keywords:

kemampuan, menulis, teks prosedur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo dalam menulis teks prosedur; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur dari segi isi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo; 3) mendeskripsikan aspek struktur penulisan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo; 4) berbicara tentang kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo tentang kaidah menulis; 5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur tentang aspek ciri kebahasaan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan bilangan untuk mengukur kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo dalam menulis teks prosedur. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo tahun ajaran 2022/23. Ada 43 siswa di masing-masing dua kelas. Penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo sebagai sampel. Tes tertulis digunakan sebagai instrumen penelitian. Informasi pemeriksaan diselidiki dengan jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo mampu memilih kata dengan persentase kemampuan 34,88 persen, melengkapi struktur dengan persentase kemampuan 9,30 persen, kaidah penulisan kata dengan persentase kemampuan 32,56 persen, penggunaan kalimat dengan persentase kemampuan 32,56 persen, dan penggunaan tanda baca dengan persentase 23,26%.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Haling, Abduk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Harsiati, Titik. dkk, 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Harsiati, Titik. dkk, 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Nursyahidah, 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi Belajar Peserta Didik.sPadang. (Online), (Jurnal.IAIN-Padangsidimpuan.ac.id.PDF Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar-Rumah Jurnal IAIN). (Diakses 24 Maret 2023).

Sagala, Syaiful. 2009. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Said, Rahmat. 2017. Penggunaan Bahasa Indonesia yang Benar pada Karya Ilmiah. Kendari: Metro Graphia Kendari.

Semi, M. Atar. 2020. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Malang: Tunggal andiri Publishing

Soebachman, Agustina. 2016. Mahir Menulis dalam 4 Hari. Yogyakarta: Kauna Pustaka.

Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Nur Ayun Fia, Fahruddin Hanafi, & La Ode Syukur. (2024). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP . Jurnal Pesastra (Pendidikan Bahasa Dan Sastra), 1(2), 73–82. Retrieved from https://pesastra.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/11