KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA

Authors

  • Septian Ningsih Universitas Halu Oleo
  • Haerun Ana Universitas Halu Oleo
  • La Ode Balawa Universitas Halu Oleo

Keywords:

kemampuan menulis, karangan, teks ekplanasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kendari dan untuk mengetahui unsur-unsur yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam belajar membuat teks eksplanasi. Berdasarkan temuan analisis data, siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kendari memiliki proporsi kemampuan (50,76%) yang menunjukkan sering tidak mampu menyusun teks eksplanasi. Berikut proporsi masing-masing aspek: Teks yang memberikan penjelasan (mengidentifikasi fenomena) 98,46% Teks penjelasan 91,28% untuk prosedur acara, dan 91,28% untuk ulasan. Konjungsi kausalitas dan konjungsi temporal membentuk 30,76% dari kosakata yang digunakan dalam teks eksplanasi, pronomina fenomena mencapai 35,38%, dan istilah penjelasan teknis mencapai 29,23%. Suasana kondusif, tersedianya ruang kelas yang menyenangkan, perpustakaan, buku pelajaran, dan sumber belajar lainnya merupakan unsur yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kendari dalam membuat teks eksplanasi.

References

Atmazaki. 2013. Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Padang: Unp Press.

Abigail W.A., Monica. 2015. Belajar Menulis. Surabaya: JP Books.

Dalman, 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Djiwando, M. Soenardi.1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB

Duhri M. Khodiq. 2007. Mari Membuat Cerita Nontifiksi. Jakarta: Satubuku.

Heryati, Yeti dan Mumuh Muhsin. 2014. Manajemen Sumber Daya Pendidikan.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Islamiah, Lintang . 2020 . Judul’’Kemampua Menulis Teks Ekslanasasi berdasrkan struktur, ciri kebahasaan, dan ejaan/tanda baca oleh Siswa Kelas XI SMA 7 Kendari Tahun pelajaran 2017/ 2018’’ S

Imawati, Eni. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Desktiptif.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E .2016. Jenis- jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Priyatni, Endah Tri. 2017. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarni, N. W. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN.

Saleh, Moch. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui STAD pada Siswa SMA. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. 1 (1) .98.

Suherli, dkk. 2017. Revisi Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Suparno, dan Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Univeritas Terbuka.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Septian Ningsih, Haerun Ana, & La Ode Balawa. (2024). KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA. Jurnal Pesastra (Pendidikan Bahasa Dan Sastra), 1(2), 83–91. Retrieved from https://pesastra.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/10